3 Juni 2017

(Review) GOSICK



Titles: GOSICK -ゴシック-
Type: TV
Episodes: 24
Status: Finished Airing
Aired: Jan 8, 2011 to Jul 2, 2011
Premiered: Winter 2011
Producers: TV Tokyo, Kadokawa Shoten, KlockWorx, Memory-Tech, NTT Docomo
Licensors: FUNimation Entertainment
Studios:Bones
Source: Light novel
Genres: Mystery, Historical, Drama, Romance
Duration: 20 min. per ep.
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Setelah perang berakhir, Akademi St. Marguerite akhirnya membuka penerimaan pelajar asing. Dan salah satu dari mereka adalah Kujou Kazuya yang datang dari Jepang. Menjadi satu-satunya orang bermata dan berambut hitam, pada masa-masa awal sekolahnya Kujou sering dikaitkan dengan mitos malaikat maut musim semi yang beredar di sekolahnya. Dan membuatnya dijauhi dan tak punya teman.

Takdir kemudian membawanya pada Victorique, seorang gadis berambut pirang yang selalu berada di lantai teratas perpustakaan, yang juga dijauhi oleh mitos peri emas perpustakaan. Victorique rupanya bukan orang sembarangan, selain adik dari Grevil Blois, seorang Inspektur bergaya nyentrik, ia juga putri dari Marques de Blois, pemimpin kementrian Ilmu Gaib.

Victorique, dengan semua kemisteriusanmya, rupanya mempunyai otak yang cerdas. Sebuah kualitas yang ia dapatkan dari ibunya. Dengan kemampuannya itu, ia dan Kujou menyelesaikan banyak kekacauan di sekitar mereka. Meski begitu, kekacauan yang terlalu pelik pun akhirnya mengacaukan mereka.

Saya ngeberesin Anime ini cuma dua hari dong! Gila gak sih?!

Pertama tau anime ini dari 'Ai, yang bilang kalau genre anime ini itu detektif. Meski udah minta filenya dari lama, baru sempet nonton sekarang-sekarang (setelah hiruk-pikuk ujian berakhir). Itupun sebenernya karena awalnya saya sangsi anime ini seseru yang Ai bilang.

Mungkin karena episode pertamanya yang memberi kesan fantasi? Bukannya saya gak suka fantasi sih, suka banget malah, tapi lagi gak mood aja waktu itu. Dan yah, sekarang saya nonton ke 25 episode nya dalam dua hari. Hahahah.

Gosick berlatarkan di Saubure, sebuah negara fiktif yang terletak diantara Perancis, Swiss, dan Italia. Dengan pilihan waktu di sekitar awal abad ke duapuluh. Anime ini juga menghadirkan suasana Perang Dunia pertama kala itu. Juga bagaimana mulai memudarnya kepercayaan pada ilmu gaib.

Saya sendiri seneng banget sama latarnya ini. Mungkin karena kebanyakan baca novel Agatha Christie, style bangunan, pakaian, dan budayanya kurang lebih sama, dan bikin saya berasa familiar. 

Ngomong-ngomong, sebenernya genre anime ini memang lebih ke misteri (hiyalah) dan drama. Meskipun disebut-sebut bahwa kemampuan Victorique memecahkan kasus itu datang dari darahnya, tapi penjelasan-penjelasannya selalu masuk akal dan berdasarkan petunjuk-petunjuk.

Seperti yang dia bilang, ilmu gaib itu hanya tiruan ilmu pengetahuan saja.

Pada episode 1-10, Victorique dan Kujou masih hanya menyelesaikan kasus-kasus yang berhubungan dengan mitos-mitos di sekeliling mereka, (karena hal-hal gaib masih sangat dipercaya saat itu). Kasus-kasus yang di minta oleh inspektur Blois agar ia bisa mengambil keuntungan dari sana. Dan mitosnya banyak banget, sampe kerasanya, jujur aja kayak maksa.

Lalu di episode 12-25, kasusnya mulai melingkupi hal-hal pelik yang melingkupi Saubure. Dan yang memintanya, bukan lagi Grevil Blois, tapi sang ayah langsung, Marquis Blois. Ini juga mungkin jadi alasan, kenapa latar animenya harus menggunakan negara fiktif alih-alih negera Eropa yang sudah ada. Masalah-masalah yang bersifat politik sangat kental terasa di bagian ini.

Perkembangan karakter dari bagian pertama ke bagian kedua juga terasa. Grevil yang awalnya benar-benar hanya memanfaatkan Victorique, akhirnya sadar dan pindah haluan. Avril, yang belajar untuk merelakan cintanya. Dan tentu saja Victorique dan Kujou akibat kedatangan satu sama lain, mendapatkan alasan untuk hidup mereka masing-masing.

Poin plus lainnya, yah mungkin karena lagi-lagi latarnya dan penampilan Victorique yang loli abis. Berbeda dari kebanyakan anime, anime satu ini gak ada sama sekali adegan 'geuleuh' nya. Jadi yah, buat yang punya kompas moral yang cukup lurus dan sering merasa terganggu, anime ini recommended banget. 

0 komentar:

Posting Komentar

Minta kritik/saran/pendapatnya dong^^