29 Agustus 2015

Wattpad

Wattpad adalah sebuah komunitas menulis di mana pengguna dapat mengirim artikel, cerita, fan fiksi, dan puisi, baik secara online atau melalui aplikasi mobile. (wikipedia)

Saya sudah tau wattpad sejak lama, kalau tidak salah sejak akhir tahun 2013, tapi waktu itu saya cuma tau sekedar nama doang. Namun, akhir-akhir ini wattpad kayaknya lagi booming, sempat terpikir untuk memindahkan cerita-cerita di sini ke sana, tapi setelah dipikir-pikir nanti blog ini jadi sia-sia, dan saya gak bisa bikin cover.**update26092015, Kuwalaya saya upload di wattpad :p

Meski begitu, saya tetep baca wattpad. Beruntung kalau baca lewat ponsel butut gak butuh pake akun, so I’m free. *tapi tetep bikin akunnya sih, soalnya pernah mau buka lewat laptop.

Nah, yang saya ingin bagikan adalah cerita-cerita wattpad yang menurut saya wajib kalian baca. Rekomendasi? Resensi? Terserah kalian mau sebut apa.

Lonely Ghost

Lonely Ghost merupakan salah satu cerita yang pertama kali saya baca di wattpad. Waktu itu, cerita ini berada di urutan pertama dalam cerita science-fiction. (saya juga gak tau kenapa begitu buka wattpad pertama kali langsung ke section ini)

Ditulis oleh akun bernama SufiAl, menceritakan seorang hantu kecil yang hilang ingatan dan mengikuti seorang pemuda anti-sosial yang gak percaya hal mistis. Inti ceritanya adalah, mengembalikan ingatan si hantu yang menurut si pemuda ganggu abis supaya hantu itu bisa pergi darinya, tapi akhirnya menjadikan kehidupan si pemuda berubah selamanya.

Ending cerita ini keren parah. Oke, mungkin kalian bisa tebak akhirnya. Tapi, ada sebuah detail yang amat mengejutkan, sebuah fakta kecil yang rupanya menjadi pandangan kita pada keseluruhan cerita berubah, membuat kita bertanya-tanya lebih banyak tentang hal itu. Sayangnya, saat itu ceritanya berakhir, dan kita tidak pernah tau apa yang terjadi.

Pierrot

Saya bukan tipe orang yang suka mencoba hal baru. Dan lebih suka cari aman. Maka, begitu sadar sudah suka banget dengan Lonely Ghost, saya coba baca cerita SufiAl yang lain. Pierrot menarik perhatian saya karena, judulnya seperti mirip dengan nama ‘Poirot’, detetif fiksi paling terkenal kedua setelah Holmes.

Ceritanya belum selesai, jadi saya gak tau harus ngomong apa. Tapi sepanjang yang saya sudah baca, Pierrot ini sepertinya akan menjadi romance-action, tentang seorang gadis berambut biru yang amat benci Pierrot tapi karena ingin menghabisi mereka semua meminta seorang pemuda yang tanpa diketahuinya adalah Pierrot untuk melatihnya bertarung, pemuda ini pernah kehilangan seorang gadis berambut biru.

 Perfect Weapon

Saya sebenarnya gak inget apa saya baca Perfect Weapon dulu atau Pierrot. Tapi yang pasti, kedua cerita ini sama-sama belum selesai dan sama-sama mengambil setting epic-fantasy. Bedanya, kalau Pierrot terkesan anime sekali, Perfect Weapon agak medieval (kayak yang ngerti aja).

Bercerita tentang tiga orang anak manusia yang berusaha mencari senjata dalam legenda, Perfect Weapon. Demi memperbaiki kehidupan mereka yang semakin memburuk setelah perang.

Yang menarik dalam cerita ini adalah penokohannya, seorang tokoh bernama Akira benar-benar misterius. Kadang agak bingung untuk memahami apa yang dilakukannya, atau apa sebenarnya tujuannya, saya hampir-hampir berpikir dia itu jahat, duuh.

Ikeh Ikeh Kimochi

Woo woo woo, santai, santai, ini bukan cerita cabul, meski judulnya emang rada absurd. Saya juga bacanya bukan gara-gara judulnya kok, ini masih cerita SufiAl, jadi saya yakin ceritanya gak bakal aneh-aneh.

Cerita ini genrenya comedy-romance atau mungkin lebih tepat disebut comedy aja. Bercerita tentang Bintang, siswa paling sempurna yang pernah ada di muka bumi, yang ditantang seorang misterius bernama Tian untuk bisa memacari Erina dalam tiga bulan, ah kecil, kata Bintang. Segalanya tentu akan mudah kalau Erina adalah gadis pada umumnya, sayangnya tidak. Karena jangankan mengidolakan Bintang seperti yang lain, dia kenal saja tidak.

Ceritanya belum tamat, tapi sedang seru-serunya.

Nagaraga

Saya mencomot judul ini sembarang dari daftar pengguna wattpad di Grup PNFI. Umm, gak sembarang juga sih, nama Mas Haditha memang menarik perhatian saya karena beliau pernah memposting beberapa gambar ilustrasi mengenai bukunya, Remy Yorke. Sekarang bukunya sudah ada di google play, dan konon akan dicetak juga.

Oh, ya. Nagaraga. Apa ya? Cerita ini antara sudah dan belum tamat. Penulis menuliskan, akhir dari babak awal, yang berarti akan ada babak baru suatuhari nanti. Dan inti ceritanya adalah ... umm ... saya bingung menjelaskannya. Soalnya Nagaraga ini benar-benar epic. Saya belum baca Game of Thrones (meski ada bukunya di rumah) tapi mungkin Nagaraga seperti itu.

Zodiaque Academy

Ditulis oleh seseorang berakun FeylieFey. Meski jujur gaya berceritanya terkesan kekanak-kanakan dan terlalu banyak tokoh dan saya bingung siapa tokoh utamanya. Ide asrama zodiak ini menarik sekali, mengingatkan tentang Harry Potter, tapi beda.



Segitu dulu aja deh, lain kali mungkin saya akan posting tentang webcomic. Btw, apa kamu pembaca wattpad? Apa cerita favoritmu?

3 komentar:

  1. Wattpad booming? Lagi?
    Perasaan, selama aku tahu wattpad, lebih dari sekali deh boomingnya.

    Btw, aku bukan pengguna wattpad, tetapi kemudian.
    Seperti kata Alim Markus: Cintailah produk-produk Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm, sayanya sih yang kuper mas. Booming di sini ya berarti booming di kelas, itupun bisa disebut tiga-lima orang, hahaha (slowly moving back)

      Hapus
  2. baca ceritaku ya ^^ https://www.wattpad.com/story/75231095

    BalasHapus

Minta kritik/saran/pendapatnya dong^^